30 Tahun Puskopdit BKCU Kalimantan Memberi Nilai Kehidupan



"Lima tahun bergabung dengan CU Sauan Sibarrung, saya telah banyak mengalami kabar suka cita, dimulai dari pemenuhan biaya pendidikan anak, renovasi rumah, dan sampai sekarang saya telah dibantu pengadaan sebuah kendaraan truck untuk usaha produktif saya.  Pendapatan keluarga saya semakin meningkat.


Perkembangan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu ini membuat saya sekeluarga semakin yakin untuk berkembang bersama dengan lembaga ini.  CU berbeda dengan koperasi lainnya karena di CU kita mendapat beberapa pendidikan yang sifatnya membantu dalam mengembangkan ekonomi keluarga.


Seperti pendidikan kewirausahaan dan pendidikan kecakapan keuangan. Karena CU saya rasakan manfaatnya, maka saya juga rela menjadi sukarelawan CU untuk mengajak keluarga, tetangga menjadi anggota CU.

CU menanamkan nilai-nilai kehidupan. Kita diajak untuk hidup hemat, mengurangi belanja konsumtif, mengembangkan usaha-usaha produktif dan menyisihkan tabungan sebelum berbelanja. Pada awalnya saya merasa agak berat untuk mengubah pola pikir saya dan keluarga namun seiring berjalannya waktu saya mulai merasa bahwa cara yang ditawarkan CU sangat menolong saya dan keluarga".

Kesaksian diatas diungkapkan Andarias Tappi', anggota Credit Union Sauan Sibarrung (CU Sauan Sibarrung), Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang dimuat dalam situs resmi CU Sauan Sibarrung (https://www.cusauansibarrung.org).

CU Sauan Sibarrung adalah satu diantara 43 credit union anggota Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) BKCU Kalimantan yang berpusat di Pontianak, Kalimantan Barat. CU Sauan Sibarrung menjadi sangat populer dalam tahun 2017 karena satu-satunya credit union di Indonesia yang berhasil menyabet sertifikat ACCESS Branding dari Asian Confederation of Credit Union (ACCU)

Andarias adalah satu diantara 454.677 orang yang tersebar di 43 credit union primer anggota Puskopdit BKCU Kalimantan yang tersebar di 25 provinsi: dari Nias (Sumatera) sampai Agats (Papua). Jumlah dana anggota yang dihimpun 43 CU tersebut sampai 31 Desember 2017 sebesar Rp. 6.392.938.184.000,- Puskopdit BKCU Kalimantan merupakan Puskopdit (credit union sekunder) terbesar dalam jaringan Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI).

CU-CU dalam Puskopdit BKCU Kalimantan berkembang baik karena konsistensi dalam menerapkan nilai-nilai credit union dalam operasionalnya selama tiga puluh tahun terakhir. Menurut RD. Fredy Rante Taruk, Ketua Pengurus CU Sauan Sibarrung dan juga Ketua Komisi PSE Keuskupan Agung Makasar, kekuatan dan keberhasilan gerakan Puskopdit BKCU Kalimantan adalah karena konsistensinya dalam pelaksanaan nilai-nilai credit union.

"Jika nilai-nilai dan prinsip CU tidak secara konsisten diterapkan, maka CU akan kehilangan rohnya dan tidak ada bedanya dengan koperasi dan lembaga sejenisnya,"jelas Romo Fredy dalam seminar nasional bertema "Credit Union Create Values for People and Community" di Hotel Kini, Pontianak (11/4/2018).


Seminar tersebut dirangkai dalam pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puskopdit BKCU Kalimantan Tahun Buku 2017. Seminra juga menampilkan Marselus Sunardi, Ketua Pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan.


Karena CU mempunyai nilai-nilai dan nilai-nilai itu secara konsisten diterapkan CU kepada seluruh aktivisnya, maka CU menciptakan nilai bagi anggotanya dan masyarakat pada umumnya. Nilai-nilai tersebut adalah kekeluargaan, menolong diri sendiri, bertanggug jawab, demokrasi, keadilan, kemandirian, voluntarisme, kejujuran dan loyalitas.

Nilai-nilai tersebut harus dipegang teguh dan dilaksanakan secara konsisten oleh pengurus, pengawas, penasihat, komite, manajemen dan anggota credit union agar credit union mampu meningkatkan kualitas hidup anggotanya; agar CU diraskaan manfaatnya oleh anggotanya.***

Share This Post: